Minggu, 06 Januari 2019

Kerajinan bahan lunak tanah liat

Kerajinan Tanah Liat



Contoh kerajinan bahan lunak gerabah


Kerajinan yang dibuat dari bahan tanah liat biasa dikenal orang dengan kerajinan keramik. Kerajinan keramik merupakan karya kerajinan yang dibuat dari bahan baku tanah liat yang telah melalui berbagai proses sedemikian rupa (dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir) sehingga dapat menghasilkan barang atau benda pakai maupun benda hias yang indah. Contoh Kerajinan: gerabah, keramik, vas bunga, guci, maupun piring.Kerajinan keramik yang ada di Indonesia memiliki aneka ragam tersendiri dari berbagai daerah yang memiliki ciri khas pada keunikan bentuk, teknik hingga ragam hias yang ditampilkan. Kekayaan hayati ini telah menginspirasi keindahan dan keunikan bentuk kerajinan keramik menjadi keramik Nusantara yang memiliki karakteristik tersendiri dan berbeda dengan keramik yang berasal dari Jepang, Cina, maupun negara lainnya.


Cara Membuat Hiasan Bunga Dari Tanah Liat

kerajinan tangan dari tanah liat
matabaca.net
Untuk membuat kerajinan tangan berupa hiasan bunga sangat lah mudah, kita hanya membutuhkan tanah liat yang bisa kita dapatkan di sekitar, atau untuk mempermudah kalian bisa membelinya di toko yang menyediakan bahan bahan nya.
Untuk membuat bunga dari tanah liat kalian cukup membuat kelopak bunganya saja kemudian di gabungkan menjadi satu kesatuan yang utuh, seperti cinta kita berdua, shihihih.
Cara pembuatan
  • Buat adonan terlebih dahulu, usahakan tidak terlalu lembek supaya adonan mudah di bentuk.
  • Ambil sedikit tanah liat kemudiah pipihkan, dan bentuk menjadi lingkaran
  • Buatlah lingkaran dari tanah liat tersebut sesuai keinginan
  • Susun memanjang dan jangan lupa tempelkan bagian ujungnya
  • Setelah itu gulunglah susunan tersebut hingga membentuk bunga
  • Jika kalian masih bingung silahkan lihat gambar diatas

Cara Membuat Vas Bunga Dari Tanah Liat

kerajinan tangan dari tanah liat
matabaca.net
Kalian ingin membuat kerajinan tangan berupa vas bungadari tanah liat, tak perlu jauh jauh ke toko untuk membelinya, kallian bisa kok membuatnya sendiri . caranya mudah kok tentunya kalian hanya memerlukan tanah liat sebagai bahan dasarnya.
Cara pembuatan
  • Jemur terlebih dahulu tanah liat hingga kering
  • Jika sudah kering, haluskan tanah liat tersebut
  • Setelah itu pisahkan tanah liat yang halus setelah di saring
  • Tambahkan sedikit air pada tanah liat yang halus
  • Lalu bentuk hingga menjadi bulat seperti bola
  • Pipihkan kemudian bentuklah menjadi vas bunga
  • Jemur hingga kering
Biasanya penjemuran harus di lakukan selama 2 atau 3 hari agar mendapatkan hasil yang maksimal, dan untuk  memperindah tampilan kalian bisa mengukitnya menggunakan cutter, agar tampilanya semakin menarik.

Dari beberapa contoh kerajinan tangan bunag di atas kalian bisa menambahkan kreasi bunga tersebut, kepada kerajinan tangan dari tanah liat yang pernah kalian buat sebelumnya, giamana mudahkan sob, jadi mulai sekarang cobalah membuat sesuatu yang memiliki nilai guna agar karya tersebut bisa disukai banyak orang.

sumber:http://www.manjur.id/2017/02/produk-kerajinan-dari-bahan-lunak-beserta-contoh.html

najwa aainaa

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

 
biz.